Rabu, 12 Januari 2011

Membuat Anak Lebih Semangat Belajar



Kadang-kadang kita dibuat jengkel dengan tingah anak-anak yang susah sekali untuk diajak belajar. Selalu saja ada alasan untuk menunda-nunda mengerjakan PR. Sudah banyak sekali cara kita lakukan untuk memotivasi anak agar lebih giat belajar. Tapi hasilnya mereka selalu ogah-ogahan. Tenang bu! Jangan panik ataupun marah-marah dengan sikap anak-anak kita yang seperti itu. Kita harus bias pelan-pelan membuat mereka untuk lebih sadar tentang pentingnya pendidikan. Jangan hanya uring-uringan saja, kita perlu trik-trik jitu untuk membuat si kecil selalu siap di meja belajar. Apa saja yang harus kita lakukan?
1. Sadarkan akan pentingnya belajar, dengan mengenalkan tokoh-tokoh yang dapat memotivasi mereka untuk giat belajar.
Yups! Hal pertama yang dilakukan orang tua adalah menyadarkan kepada anak-anaknya behwa pendidikan sangat diperlukan. Kita harus memompa semangat blajar mereka dengan mengenalkan tokoh-tokoh yang layak untuk menjadi panutan. Meyakinkan bahwa mereka adalah harapan dan penerus kelangsungan kehidupan bangsa dan Negara.
2. Menjadi partner belajar anak-anak.
Jangan sungkan-sungkan untuk menjadi teman diskusi belajar anak-anak anda. Jadi, ikutlah bersama mereka untuk belajar. Menjadi partner belajar itu lebih efektif untuk membuat anak-anak asyik belajar. Sisakan waktu istirahat anda untuk menemani anak-anak belajar. Jadilah teman yang bisa diajak diskusi apa saja tentang pelajaran. Tidak masalah bila anda harus mengulang pelajaran saat sekolah dulu, paling enggak kita bisa memangkas biaya untuk memanggil guru privat.
3. Dukung dengan fasilitas-fasilitas belajar yang nyaman.
Tempat yang nyaman adalah pendukung semangat belajar anak-anak. Kalau memungkinkan buatlah tempat belajar yang nyaman. Di ruangan khusus untuk belajar biar ia tidak terganggu dengan aktivitas orang-orang disekitarnya. Bila perlu fasilitasi dengan perlengkapan yang nyaman. Tempat duduk dan meja lengkap dengan peralatan belajar yang menarik. Ini dapat membantu semangatnya untuk terus belajar.
4. Temani
Saat anak-anak belajar jangan lupa selalu mendampingi atau menemaninya. Kalaupun anda tidak dapat membantunya dalam belajar paling tidak anda bisa mendampinginya belajar. Tawarkan bantuan bila memang ia membutuhkan, siapa tahu ia ingin minta anda membuatkan soal untuknya agar ia bisa berlatih menghadapi ulangan sendiri di rumah.
5. Beri hadiah untuk prestasinya
Ini juga tips yang sering dipakai para orang tua untuk membuat anak-anaknya giat dalam mencetak prestasi. Salah satunya dengan memberikan hadiah untuk prestasinya. Cara ini tergolong ampuh dan efektif. Hadiah tidak perlu mahal, bila memungkinkan cukup belikan dia peralatan sekolah seperti tempat pensil lucu bila ulangan matematikanya memuaskan. Dengan meberikan hadiah nampaknya membuat mereka terdorong untuk lebih giat belajar agar ia mendapatkan hadiahnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by: Free Blog Templates